Total Tayangan Halaman

Welcome to My Blog...

Rabu, 08 Oktober 2014

SISTEM TERDISTRIBUSI DAN PENERAPANNYA

Dalam sebuah jaringan computer terdapat berbagai macam system, ya dari sekian banyak system ada sebuah system yang salah satu komponennya mampu melakukan koordinasi dan saling berkoordinasi.  System tersebut dinamakan system terdistribusi.  Secara normal, setiap sistem terdistribusi mengandalkan layanan yang disediakan oleh jaringan computer,  Beberapa layanan pada jaringan komputer (seperti, name service) juga merupakan sistem terdistribusi, Sistem terdistribusi lebih banyak masalah yang dihadapi dibandingkan jaringan biasa.
System terdistribusi diperlukan karena terdapat beberapa factor utama yang harus ada dalam sebuah system jarngan computer, factor-faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Performance
Sekumpulan prosesor dapat menyediakan kinerja yang lebih tinggi daripada komputer yang terpusat, maksudnya adalah banyak prosesor yang memproses suatu data lebih efisien jika dibandingkan hanya penggunaan sebuah prosesor yang terkesan menguras habis resource dari prosesor itu sendiri.
  • Distribution
Banyak aplikasi yang terlibat, sehingga lebih baik jika Dipisah dalam mesin yang berbeda (contoh: aplikasi perbankan, komersial), yang dimaksud disini adalah setiap aplikasi yang saling memiliki keterkaitan lebih baik diletakan terhadap sebuah system yang berbeda, selain pengerjaan lebih efisien juga tidak memberatkan suatu mesin.
  • Reliability
Jika terjadi kerusakan pada salah satu mesin, tidak akan mempengaruhi kinerja system secara keseluruhan, karena setiap data ataupun aplikasi disimpan dalam mesin yang berbeda maka jika terdapat kesalahan pada satu system maka tidak akan mengganggu system lainnya.
  • Incremental Growth
Mesin baru dapat ditambahkan jika kebutuhan proses meningkat, maksudnya agar bisa lebih efisien maka penambahan mesin hanya akan dilakukan seperlunya tergantung kebutuhan.
  • Sharing Data/Resource
Resource adalah:
– Segala hal yang dapat digunakan bersama dalam jaringan komputer.
– Meliputi hardware dan software.
  • Communication
Menyediakan fasilitas komunikasi antar manusia, maksudnya antara user dapat saling berkoordinisasi satu sama lainnya.
Contoh penerapan system terdistribusi dalam dunianyata adalah sebagai berikut:
  1. Intranet
    Jaringan(proprietary) yang teradministrasi secara lokal dan dapat terhubung ke internet melalui firewall juga adanya layanan internal dan eksternal didalamnya.
    2. Internet
    Jaringan global yang menghubungkan compute satu sama lain dan dapat berkomunikasi dengan media IP sebagai protokol.
    3. World wide web
    Arsitektur client/server tebuka yang diterapkan di atas infrastruktur internet dan juga shared resources melalui URL.
    4. Mobile dan sistem komputasi ubiquitous
    Sistem telepon Cellular (e.g., GSM) Resources dishare : frekuensi radio, waktu transmisi dalam satu frekuensi, bergerak, komputer laptop, ubiquitous computing, handheld devices, PDA, etc
    5. Sistem terdistribusi multimedia
    Biasanya digunakan pada infrastruktur internet
    -Karakteristik
    Sumber data yang heterogen dan memerlukan sinkronisasi secara real time
    -Video, audio, text Multicast
    Contoh:
    – Teleteaching tools (mbone-based, etc.)
    – Video-conferencing
    – Video and audio on demand
    6. Sistem telepon seperti ISDN, PSTN
    7. Manajemen jaringan seperti Administrasi sesumber jaringan
    8. Network File System (NFS) seperti Arsitektur untuk mengakses sistem file melalui jaringan.
Ilustrasi ilustrasi dari penerapan system terdistribusi adalah sebagai berikut:. Misalnya si A sakit dan pergi ke dokter langganannya. Jika hasil diagnosa mengharuskan si A harus masuk ke rumah sakit, maka pemilihan RS dan pemesanan tempat dapat dilakukan pada saat itu juga melalui komputer di tempat praktek dokter. Selanjutnya komputer di RS dapat mengontak komputer perusahaan asuransi kesehatan untuk pengurusan pembayaran biayanya. Jika si A memerlukan obat atau peralatan khusus, maka komputer si dokter dapat memberitahu di apotik mana obat atau peralatan tersebut tersedia. Cerita ini dapat diperpanjang, tapi intinya adalah bahwa satu aksi dapat memicu berbagai aktivitas lain yang saling berhubungan.
Ilustrasi di atas nampaknya tidak lagi jauh dari kenyataan yang ada saat ini. Sesungguhnya dapat dikatakan bahwa teknologi untuk menuju ke sana saat ini sudah dimiliki manusia. Selain teknologi mikroelektronik dan telekomunikasi, maka teknologi lain yang berperanan penting adalah teknologi sistem komputer terdistribusi (distributed computer systems).

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. terimaksih untuk artikelnya sangat menarik dan membantu saya untuk belajar,perkenalkan saya Rama januarti dari kampus ISB Atma Luhur

    BalasHapus